“KELOMPOK MAHASISWA TERKREATIF PADA SETIAP BIDANG PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM) SKEMA PENDANAAN TAHUN 2024- PKM KARSA CIPTA”

  FT UNP, Tim PKM-KC UNP Grafcompatible terdiri dari Irvan Fadhillah(D4) Nurafni Fajarna Do Ahmad (S1), Aulia Kurniawati(D4), Dilham Hidayatul(D4),Rangga Saputra(D4). Dengan Dosen Pembimbing Dr. Mukhlidi Muskhir, S.Pd, M.Kom , Meraih PKM Award 2024 sebagai lalu lintas berhasil mengharumkan nama Universitas Negeri Padang dalam prestasi Nasional secara Akademik dalam ajang bergengsi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Award 2024, tim PKM-KC Grafcompatible berhasil meraih award sebagai Kelompok Mahasiswa Terkreatif pada PKM Skema Pendanaan dengan nilai terbaik dibidang PKM-KC pada klaster III. Prestasi gemilang ini adalah sejarah baru yang membanggakan dan menjadi bukti nyata bawah semangat dan kreativitas mahasiswa UNP mampu dan bisa bersaing di tingkat nasional.

  Program ini di selenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti). Irvan Fadillah sebagai ketua Tim, mahasiswa Teknik Elektro menceritakan bahwa perjalanan dan proses timnya dalam mendapatkan inovasi ini “Sebelumnya kami sudah sering belajar membuat alat sederhana dan kami juga sudah terbiasa membuat tugas akhir semester dalam bentuk Projek berupa alat sederhana sesuai matakuliah yang dipelajari. Berawal dari sanalah muncul ide untuk menciptakan sebuah tim untuk membuat alat ini dan didukung penuh oleh dosen pembimbing. Sehingga kami berhasil merealisasikan sebuah rencana menjadi nyata. Meskipun dalam prosesnya tidak selalu sempurna tapi di sanalah point pentingnya kami berusaha dan belajar membagi waktu untuk fokus dalam semua pekerjaan dan tanggung jawab sebagai seorang mahasiswa. Berkat bantuan seluruh tim yg ikut serta dalam kegiatan ini kami terus berinovasi dan berusaha memberikan yang terbaik” Ujarnya dengan penuh semangat.

  Alat yang dihasilkan oleh tim PKM-KC Grafcompatible, yaitu mengenai solusi untuk mengatasi kemacetan lalu lintas pada simpang empat dengan menggunakan metode yang mechine learning. Dimana nantinya pada setiap simpang yang terdeteksi banyak kendaraan maka lampu merah akan lebih cepat berpindah ke lampu hijau,namun jika terdeteksi kendaraan tidak ada maka lampu merah akan normal seperti pada umumnya. Meskipun menghemat lampu merah dalam hitungan detik ini bisa mempercepat mobilitas dan mengatasi kemacetan pada setiap simpangnya.

  Keberhasilan tim PKM-KC Grafcompatible tidak terlepas dari dukungan dan bantuan yang datang dari semua pihak. Bapak Dr. Mukhlidi muskhir S.Pd, M.Kom sebagai dosen yang telah membimbing tim, mengungkapkan rasa bangga dan kebahagiaan atas pencapaian yg sudah berhasil didapatkan oleh mahasiswa-mahasiswinya. “Dari awal saya melihat tim memiliki kemampuan dan potensi untuk melakukan kegiatan ini, prestasi ini adalah hasil dari kerja keras dan usaha yg sudah dilakukan bersama tim selama proses kegiatan PKM ini berlangsung”ujar Beliau dengan bangga. Prestasi yang diraih dan didapatkan oleh tim PKM-KC Grafcompatible ini hendaknya dapat menjadi motivasi untuk mahasiswa lainnya dan generasi muda terkhususnya dalam mengikuti Kemajuan Teknologi diera saat ini. (TIS FT UNP)