UNP Gelar Upacara HUT RI ke-79, Diikuti Lebih dari 12 Ribu Peserta

  FT UNP – Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-79 pada Sabtu (17/8/2024). Upacara yang berlangsung di lapangan atletik UNP tersebut dipimpin langsung oleh Rektor UNP, Krismadinata.

  Lebih dari 12 ribu peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan mengikuti upacara ini dengan penuh khidmat. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara untuk memperingati hari bersejarah bagi bangsa Indonesia.

  Upacara diawali dengan pengibaran bendera Merah Putih yang diiringi oleh lagu kebangsaan “Indonesia Raya,”. Seluruh peserta tampak bersemangat dan antusias mengikuti setiap rangkaian acara hingga selesai.

  Rektor menyampaikan Pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim yang menekankan bahwa kemerdekaan Indonesia tidak akan tercapai tanpa perjuangan dan gotong royong. Beliau juga menyoroti pentingnya gerakan Merdeka Belajar, yang meskipun penuh tantangan, telah menghasilkan perubahan signifikan dalam pendidikan. 

  ”Para pelajar kini mendapat kesempatan untuk mengeksplorasi minat dan potensinya dengan Kurikulum Merdeka yang mulai tahun ini diimplementasikan sebagai kurikulum nasional. Jutaan lulusan perguruan tinggi telah mendapat peluang pekerjaan yang lebih baik karena pengalamannya mengikuti program Kampus Merdeka,” ungkapnya

  Pidato ini juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi, serta mengajak seluruh elemen bangsa untuk terus melanjutkan perjuangan memajukan pendidikan dan kebudayaan Indonesia demi masa depan yang lebih baik.

  ”Gerakan Merdeka Belajar barulah titik awal, masih jauh dari kata sempurna, kita belum sampai di garis finis, dan perjalanan ke depan tentunya masih akan ada banyak tantangan. Layaknya pesan Bung Karno agar kita terus mengisi Kemerdekaan Indonesia, mari kita terus melanjutkan perjuangan untuk memajukan pendidikan dan kebudayaan Indonesia. Untuk itu, mari terus kuatkan tekad dan langkah perjuangan kita untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan,” tambahnya.

  Pada kesempatan itu juga diserahkan tanda kehormatan Presiden Republik Indonesia Satyalancana Karya Satya kepada 27 Pegawai Negeri Sipil di UNP serta Penetapan Academic Leader Bidang Pendidikan Tingkat Universitas Negeri Padang oleh Rektor UNP. (tis_FT UNP)