Ketum Iluni UNP Nadirman menyebutkan Pekerjaan Dibutuhkan 2025; Kuliah Umum di Teknik Elektronika

  Padang Pada hari selasa 25 Juni 2024 jam 08.00 Wib, di Gedung serbaguna FT UNP Pj Dekan FT UNP Dr. Muhammad Anwar, S.Pd.M.T membuka acara Kuliah Umum bersama Narasumber Ketua ILUNI UNP Bapak Drs. Nadirman, MM dan Ketua DPW Kepri ILUNI FT UNP Bapak Drs. Dedi Novera. Kegiatan Kuliah Umum ini diselenggarakan oleh Departemen Teknik Elektronika yang dikomandani oleh Dr. Hendra Hidayat, S.Pd.M.Pd.

  Alumni memiliki peran untuk menginspirasi dan membentuk karakter mahasiswa. Peran alumni dalam membentuk karakter setiap mahasiswa sangat dibutuhkan. Khususnya dalam hal kesiapan menghadapi dunia kerja. Oleh karena itu, Departemen Elektronika Fakultas Teknik  Universitas  Negeri Padang menyelenggarakan kuliah umum bersama naras umber Alumni yang bekerja di Industri. Mengangkat tema “Pengenalan Kompetensi di Bidang Elektronika dan Informatika untuk Dunia Industri dan Dunia Kerja” sebagai ketua pelaksana, Dr. Syafrijon, M. Kom menjelaskan  “kuliah umum bersama alumni ini bertujuan agar mahasiswa  mendapat gambaran dunia kerja sehingga Ketika mereka akan melakukan praktek kerja lapangan dan ketika mereka lulus kuliah nanti mereka sudah mempunyai pemahaman tentang dunia kerja. Sasaran kuliah umum ini adalah semua mahasiswa departmen Teknik Elektronika, agar mereka memiliki motivasi dalam menghadapi dunia kerja” jelasnya saat ditemui di sela-sela acara.

  Pada kegiatan ini keduanya menjelaskan tentang kiat-kiat sukses meraih cita-cita yang selama ini diinginkan.  Ketum DPP Iluni UNP, Drs. Nadirman, MM pada kesempatan ini menyebutkan, ada tiga skill utama yang diperlukan oleh calon tenaga kerja di dunia industri, termasuk lulusan perguruan tinggi. Ketiga skill tersebut, yakni, full skil, midset dan attitude. Diuraikan dengan jelas menyangkut full skill, ini dibutuhkan dua komponen utama. Yakni, a. Hard skill (harus ahli dibidangnya (maestro) ini diperoleh dari sekolah, latihan, tempat kerja, dll. Kemudian, Soft skill (hal yang paling penting lainnya) berupa komunikasi, negosiasi, networking, Kerjasama,

  ”Untuk midset, itu menyangkut pola fikir positif, maju dan optimis serta harus punya harus punya mimpi (visi dan misi), terakhir, soal attitude, sambung Nadirman, itu adalah perilaku sopan, humble, optimis, disiplin, gembira, positif, emphaty. Dalam konteks ini, menurut Zig Ziglar salah seorang penulis dan motivator asal Amerika yang terkenal di dunia berkata, “perilakumu bukan kehebatanmu, attitude yang akan menentukan keberhasilanmu,” tambah CEO PT. Votex Energy Batam ini.

  Dalam kesempatan ini, Nadirman juga menyampaikan tentang data tentang pekerjaan-pekerjaan yang paling dibutuhkan di tahun 2025 mendatang (Versi Bappenas), yakni: 1. Data Analyst and Scientist, 2. Big Data Specialist, 3. AI and Machine Learning Specialist, 4. Digital Marketing and Strategy Specialist, 5. Renewable Energy Engineers, 6. Process Automation Specialist, 7. Internet of Things Specialist, 8. Digital Transformation Specialist, 9. Business Services and Administration Managers, 10.Business Development Professionals. Sedangkan Drs. Dedi Novera banyak mengupas terkait Perkembangan Teknologi dibidang Elektronika dan Informatika yang dijalankan Industri. (ika-FT UNP)