FAKULTAS TEKNIK UNP MENGUKIR PRESTASI DALAM PIMNAS-27

Untitled

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional atau yang lebih dikenal dengan akronim PIMNAS, merupakan muara dari ekspresi kreativitas Ilmuan dan Enterpreneur muda yang berada di kampus-kampus seantero Indonesia. Dalam perhelatan akbar para Ilmuan dan enterpreneur muda ini menjadi media untuk berkompetisi, berbagi dan berkomunikasi efektif tentang perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta Seni (IPTEKS). PIMNAS yang secara rutin setiap tahun diadakan oleh Direktorat Jendaral Pendidikan Tinggi melalui Direktoran Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat telah terlaksana hingga ke 27 pada tahun 2014. PIMNAS-27 diselenggarakan di Universitas Diponegoro Semarang yang diikuti oleh 440 kolompok Mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia dengan tema “Berkreasi dan Berinovasi dalam Kebhinekaan”. 440 kelompok Program Kreativitas Mahsiswa (PKM) ini merupakan hasil seleksi dari 44.752 judul yang didanai oleh DITLITABMAS DIKTI. Dengan tema tersebut juga diharapkan terjalin komunikasi dan rasa persatuan dan kesatuan antar Mahasiswa seluruh Indonesia dalam hal kreasi dan inovasi di berbagai bidang ilmu.

PIMNAS-27 yang diselenggarakan di Universitas Diponegoro Semarang, dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah, Kodam IV Diponegoro dan seluruh pipminan Perguruan Tinggi yang terlibat dalam Program Kreativitas Mahasiswa pendanaan Tahun 2014. PIMNAS-27 dibuka oleh Wakil Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menambah semarak dan optimis Kebhinekaan pemuda Indonesia demi kemajuan IPTEKS dalam menghadapi ASEAN Comuniti 2015.

Pada kesempatan PIMNAS-27, Universitas Negeri Padang turut berpartisipasi aktif dengan meloloskan 7 kelompok PKM. 7 kelompok PKM ini telah mengikuti seleksi bertahap dari awal pengajuan proposal yang berjumlah 200 judul hingga tersaring untuk didanai DITLITABMAS berjumlah 43 judul hingga menjadi 7 judul yang dinyatakan lolos ke PIMNAS. Dalam hal ini Universitas Negeri Padang mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun lalu. Dimana pada tahun lalu yang dinyatakan lolos diundang ke PIMNAS-26 berjumlah 3 judul, pada tahun ini menjadi 7 judul PKM. Dari 7 judul PKM yang dinyatakan lolos PIMNAS Fakultas Teknik adalah penyumbang terbanyak dalam partisipas even nasional bergengsi ini yaitu berjumlah 5 judul PKM dari Jurusan Teknik Otomotif dan Teknik Mesin. Peningkatan tersebut bukanlah hal yang mudah untuk dicapai, melainkan melalui perjuangan dan sinergi berbagai civitas akademik Fakultas Teknik. Peran serta Dosen pembimbing, keaktifan Mahasiswa, dan dukungan birokrasi kemahasiswaan Fakultas Teknik yang totalitas memfasilitasi Mahasiswa melakukan kegiatan PKM menjadi modal utama FT meraih prestasi dalam PIMNAS-27.

Bukti sinergi Fakultas Teknik dalam event Program Kreativitas Mahasiswa dan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional membuahkan hasil yang cukup menggembirakan, yaitu dengan perolehan medali Perak yang diraih salah satu kelompok PKM. Delegasi dari Fakultas Teknik dalam ajang PIMNAS-27 ini didampingi oleh masing-masing pembimbing PKM yang senantiasa aktif dan tekun membimbing mahasiswanya hingga proses presentasi di hadapan dewan juri berlangsung serta dukungan moral dan materil dari Dekan beserta jajarannya, dalam hal ini diwakili oleh Pembantu dekan tiga yang didampingi oleh ketua Jurusan Teknik Otomotif dan ketua Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang.

Perolehan medali perak dalam PIMNAS-27 bagi Fakultas Teknik merupakan usaha keras yang dilakukan dengan sinergi berbagai civitas Fakultas Teknik. Hal ini menjadi pijakan kuat ke depan bagi Fakultas Teknik untuk terus meningkatkan prestasi Mahasiswa dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Karena melalui PKM, mahasiswa Fakultas Teknik semakin sadar akan pentingnya Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Prestasi dalam PKM menjadi tolak ukur keberhasilan Fakultas Teknik dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dengan PKM ini juga Fakultas Teknik siap untuk turut serta membangun Indonesia lebih unggul dalam membentuk ilmuan-ilmuan muda kreativ dan inovatif yang berdedikasi untuk Masyarakat Luas. Terlebih pemerintah telah mencanangkan keikut sertaan Indonesia dalam ASEAN Comunity pada tahun 2015 nanti. Di mana pada ASEAN comunity pemuda lebih diunggulkan dalam berbagai hal inovasi dan kreasi dalam keilmuan, teknologi, seni dan enterpreneur

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun usulan 2014 pendanaan 2015 yang sebentar lagi akan datang harapannya dapat mewujudkan Fakultas Teknik menjadi Fakultas Riset dan Teknologi Universitas Negeri Padang.

Related posts