Artikel ini telah dilihat : 330 kali.

Selamat & sukses kepada Program Studi Pendidikan Teknik Informatika FT-UNP atas diraihnya Akreditasi A dari BAN PT

Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang mendapatkan akreditasi A berdasarkan surat keputusan bernomor : 0764/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2017. Sebuah capaian yang luar biasa, karena Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang baru berdiri di tahun 2007.
Hasil akreditasi A membuktikan bahwa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang sudah memenuhi kriteria dari syarat-syarat penilaian akreditasi yang meliputi: Kurikulum dari setiap program pendidikan; prestasi dosen dan mahasiswa; proses belajar-mengajar; penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta kerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri.
Saat ini setiap perguruan tinggi baik negeri maupun swasta harus melakukan akreditasi. kemenristekdikti sudah menetapkan bila suatu program studi (prodi) dari suatu perguruan tinggi (PT) tidak melakukan akreditasi, maka prodi tersebut tidak akan diperbolehkan mengeluarkan ijasah. Dan UU perguruan tinggi juga sudah mewajibkan akreditasi sebagai syarat pemberian izin bagi perguruan tinggi. Akreditasi diperlukan untuk menjamin mutu dari suatu lembaga pendidikan. Selain itu untuk masyarakat umum, akreditasi juga bisa menjadi alat untuk mengukur sistem penjaminan mutu suatu Perguruan Tinggi dalam melakukan proses belajar mengajar.
Program studi juga akan mendapatkan berbagai hibah dan fasilitas lainnya dari pemerintah yang tidak bisa didapat oleh program studi yang berakreditasi di bawah A. Tak hanya itu, lebih lanjut, program studi berakreditasi A juga berpeluang membuka program S2 bahkan S3.

Related posts